Senin, 18 September 2017

asal usul bahasa inggris

asal usul bahasa inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa Jerman Barat yang berasal dari dialek Anglo-Frisian yang dibawa ke Inggris pada abad ke-7 sampai ketujuh Masehi oleh penjajah dan pemukim Jerman dari wilayah yang sekarang berada di barat laut Jerman, Denmark barat dan Belanda, menggantikan bahasa Celtic yang sebelumnya didominasi .

Bahasa Inggris Kuno era Anglo-Saxon berkembang menjadi bahasa Inggris Tengah, yang diucapkan dari Penaklukan Norman sampai akhir abad ke-15. Pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan bahasa Inggris Tengah berasal dari kontak dengan bahasa Jerman Utara yang diucapkan oleh orang-orang Skandinavia yang menaklukkan dan menjajah bagian-bagian Inggris pada abad ke-8 dan ke-9; kontak ini menyebabkan banyak pinjaman leksikal dan penyederhanaan gramatikal. Pengaruh penting lainnya berasal dari orang Normandia yang menaklukkan, yang berbicara tentang langue d'oïl yang disebut Norman Tua, yang di Inggris berkembang menjadi Anglo-Norman. Banyak kata kunci pinjaman Norman dan Prancis masuk dalam bahasa pada periode ini, terutama dalam kosa kata yang berkaitan dengan gereja, sistem pengadilan dan pemerintah. Sistem ortografi yang menjadi mapan selama periode bahasa Inggris Tengah pada umumnya masih digunakan sampai sekarang - kemudian perubahan dalam pengucapan, bagaimanapun, dikombinasikan dengan penerapan berbagai ejaan asing, berarti ejaan kata-kata bahasa Inggris modern tampak sangat tidak biasa.

asal usul bahasa inggris

Bahasa Inggris Modern Awal - bahasa yang digunakan oleh Shakespeare - bertanggal sekitar tahun 1500. Ini menggabungkan banyak pinjaman era Renaisans dari bahasa Latin dan bahasa Yunani Kuno, serta pinjaman dari bahasa-bahasa Eropa lainnya, termasuk bahasa Prancis, Jerman dan Belanda. Perubahan pengucapan yang signifikan dalam periode ini termasuk Perubahan Suara Vokal yang sedang berlangsung, yang mempengaruhi kualitas vokal panjang yang paling banyak. Bahasa Inggris modern yang tepat, serupa dalam banyak hal yang diucapkan hari ini, ada pada akhir abad ke-17. Bahasa Inggris mulai diekspor ke wilayah lain di dunia melalui kolonisasi Inggris, dan sekarang menjadi bahasa yang dominan di Inggris dan Irlandia, Amerika Serikat dan Kanada, Australia, Selandia Baru dan banyak bekas koloni yang lebih kecil, dan juga digunakan secara luas di India, bagian Afrika, dan tempat lain. Sebagian karena pengaruh Amerika Serikat, bahasa Inggris secara bertahap mengambil status lingua franca global pada paruh kedua abad ke-20. Hal ini terutama terjadi di Eropa, di mana bahasa Inggris sebagian besar mengambil alih peran sebelumnya bahasa Prancis dan (jauh lebih awal) bahasa Latin sebagai bahasa umum yang digunakan untuk melakukan bisnis dan diplomasi, berbagi informasi ilmiah dan teknologi, dan sebaliknya berkomunikasi melintasi batas-batas nasional. Misionaris Kristen berbahasa Inggris menyebarkan bahasa Inggris ke banyak negeri. Ini menjadi bahasa kedua bagi sebagian besar kelompok masyarakat tempat para misionaris pergi.

asal usul bahasa inggris


Bahasa Inggris kuno terdiri dari beragam kelompok dialek, yang mencerminkan beragam asal kerajaan Anglo-Saxon yang didirikan di berbagai wilayah di Inggris. Dialek Late West Saxon akhirnya menjadi dominan; Namun, masukan yang lebih besar untuk bahasa Inggris Tengah berasal dari bahasa Anglian. Variasi geografis global di antara dialek dan aksen bahasa Inggris yang berbeda tetap signifikan saat ini. Skotlandia, sebuah bentuk bahasa Inggris yang secara tradisional digunakan di bagian Skotlandia dan utara Irlandia, sering dianggap sebagai bahasa yang terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar